Dangdut - Ra kuat Mbok by Yeyen Vivia

ongki, 25 February 2018

Bicara tentang musik Dangdut Koplo. Ya udahlah pasti kita bicara tentang Jawa Timur. Propinsi paling timur dari pulau Jawa ini telah melahirkan artis-artis penyanyi Dangdut koplo terbaik di Indonesia. Sebut saja Nella Kharisma, Via Vallen, Wiwik Sagita, Suliana, Reza Lawang sewu, Rena KDI, Ratna Antika, Yeyen Vivia dan banyak lagi.

Pada era tahun 2000-an seiring dengan kejenuhan musik dangdut yang asli, maka di awal era ini musisi di wilayah Jawa Timur di daerah pesisir Pantura mulai mengembangkan jenis musik dangdut baru yang disebut dengan musik koplo. Musik koplo sendiri kalau mau pake bahasa populernya sih adalah merupakan "mutan" atau hasil mutasi  dari musik dangdut setelah era Dangdut Campursari. Dangdut Koplo sendiri lahir di Indonesia lahir sejak tahun 2000 yang dipromotori oleh kelompok-kelompok musik Jawa Timur. Namun saat itu masih belum menasional seperti sekarang ini. 2 tahun kemudian, variasi atau cabang baru bagi musik Dangdut ini semakin fenomenal, setelah area "ekspansinya" meluas ke beberapa wilayah seperti di Yogya dan beberapa kota di Jawa Tengah lainnya bahkan di Jawa Barat. Hebat banget ya.

Musik Dangdut Koplo sebagai sub genre dari dangdut merupakan sebuah fenomena unik dan menarik karena tema lagu yang diusung dari genre ini adalah realitas yang tumbuh/terjadi di masyarakat sehingga selain balutan musik yang unik sub genre ini semakin menjadi menarik karena lirik-liriknya yang "membumi".

Bicara soal koplo ga mungkin lepas dari nama Yeyen Vivia. Gadis periang yang lahir di Kediri Jawa Timur ini adalah artis Dangdut Koplo yang sudah dikenal terutama di Jawa Timur. Pengalaman dari satu panggung ke panggung yang lain menjadikan gadis ini meraih popularitas, bahkan gadis ini udah punya fanbase sendiri, namanya YENVIAKU. Nah sebagai Recording Company yang jelli (dan memang harus jeli) dalam mencari artis dengan talenta luar biasa, Selosakti  akhirnya menggaet Yeyen untuk mereleae sebuah singe bertajuk Ra Kuat Mbok. Kalo merhatiin liriknya, lagu ini memang ngikutin pakem lagu-lagu Dangdut koplo yang udah ada, yaitu realitas dalam masyarakat. Orang tua yag ngelarang anaknya pacaran sama seorang cowok, karena takut ga bener pacarannya sedangkan temen-temen anaknya ini "ngomporin" biar si anak nerusin pacaran sama cowok itu. Ya udah kebayang lah video klipnya juga pasti dipenuhi keseruan. Video Klip lagu ini berlatar belakang kehidupan di desa dengan casting pas banget sama balutan musiknya. Selosakti Records kayaknya "know how to do" dalam menggarap lagu ini.

Kalo soal musik, ada yang menarik dari Ra Kuat Mbok ini, yaitu ada sentuhan musik reggae dalam aransemen musiknya, tapi itu juga yang membuat Ra Kuat Mbok terdengar lebih istimewa. Mungkin juga keunikan ini yang membuat Selosakti Records berani merelease single Ra Kuat Mbok ini.

Overall, lagu Ra Kuat Mbok ini sangat layak dinikmati penggemar dangdut koplo di Indonesia. Packaging audio maupun visual yang tepat, lengkap dan pas menjadikan lagu Ra Kuat Mbok ini pantas dipersembahkan untuk penggemar musik dangdut koplo di Indonesia. Nikmati saja.

 

RELATED ARTICLES

Cinta

25 February, 2018

Leave a Comment